RINGKASAN MATERI KELOMPOK 1
Tentang
Aspek-Aspek,
Fungsi-Fungsi, dan Faktor- Faktor Manajemen Kelas
A.
Aspek-Aspek
Managemen Kelas
Menurut Oemar Hamalik ada 7 aspek dalam
manajemen kelas yaitu:
1. Aspek
tujuan instruksional
2. Aspek
materi pelajaran
3. Aspek
metode dan strategi pembelajaran
4. Aspek
ketenagaan
5. Aspek
media instruksional
6. Aspek
penilaian
7. .Aspek penunjang fasilitas.
Menurut
Lois V. Johnson dan May any mengemukakan aspek-aspek yang perlu diperhatikan
dalam manajemen kelas:
1.
Sifat-sifat kelas
2.
Kekuatan pendorong kekuatan kelas
3.
Memahami situasi kelas
4.
Mendiagnosis situasi kelas
5.
Bertindak selektif
6.
Bertindak kreatif
7.
Untuk memperbaiki kondisi kelas
B.
Fungsi
Management Kelas
Manajemen kelas memberi makna penting bagi tercipta
dan terpeliharanya kondisi kelas yang optimal,ada beberapa fungsi dari manajenen kelas yaitu :
Perencanaan adalah proses penentuan tujuan atau
sasaran yang hendak dicapai dan menetapkan jalan dan sumber yang diperlukan
untuk mencapai tujuan itu seefisien dan seefektif mungkin. Perencanaan sering
juga disebut jembatan yang menghubungkan kesenjangan atau jurang antara keadaan
masa kini dan keadaan yang diharapkan terjadi pada masa yang akan datang.
Meskipun keadaan masa depan yang tepat itu sukar diperkirakan karena banyak
faktor di luar penguasaan manusia yang berpengaruh terhadap rencana tetapi
tanpa perencanaan kita akan menyerahkan keadaan pada masa yang akan datang itu
kepada kebetulan-kebetulan. Untuk itu, perencanan membutuhkan data dan informasi
agar keputusan yang diambil tidak lepas kaitannya degan masalah yang dihadapi
pada masa yang akan datang. Didalam perencanaan yang perlu diperhatikan salah
satunya adalah pengaturan ruang kelas, mengurus dan menata segala sarana
belajar yang terdapat didalam kelas.
Pengorganisasian membantu guru
dalam melakukan pengawasan terhadap peserta didiknya. Pengorganisasian dapat
dilakukan dengan cara menentukan tugas, siapa yang mengerjakan, bagimana tugas
tersebut dikelompokkan, bagaimana pesera didik membentuk kelompok belajar, dan
lain-lain.
c. Pelaksanaan
( Actuating)
Pelaksanaan
adalah suatu tindakan yang mengusahakan agar semua perencanaan dan tujuan bisa
tercapai dengan baik seperti pa yang diharapkan. Jadi, pelaksanaan merupakan suatu upaya yang menggerakkan orang-orang untuk mau bekerja dengan sendirinya
dan dengan kesadaran yang besar demi mengabulkan cita-cita suatu lembaga.
Perencanaan dan pengorganisasian tidak akan berjalan dengan baik jika tidak
disertai dengan pelaksanaan. Oleh karena itu, sangat dibutuhkan sekali bentuk
nyata dari kerja keras, kerjasama dan kerja nyata didalamnya. Pengoptimalan
seluruh sumber daya manusia yang ada juga sangat penting, terutama ditunjukkan
untuk mencapai visi, misi dan planning yang telah diterapkan.
Mulyadi (2009:4) mengatakan bahwa
fungsi manajemen kelas selain memberikan makna penting bagi tercipta dan
terpeliharanya kondisi kelas yang optimal, manajemen kelas juga berfungsi:
1. Memelihara
agar tugas-tugas itu dapat berjalan dengan lancar.
2. Memberikan dan melengkapi
fasilitas untuk segala macam tugas seperti membantu kelompok dalam pembagian tugas,
membantu pembentukan kelompok, membantu kerjasama dalam menemukan tujuan-tujuan
organisasi, membantu individu agar dapat bekerja sama dengan kelompok atau
kelas, membantu prosedur kerja, mengubah kondisi kelas.
5. Faktor-
Faktor Yang Mempengaruhi Manajemen Kelas
Berhasilnya suatu
manajemen kelas dalam memberikan dukungan terhadap pencapaian tujuan
pembelajaran, dipengaruhi oleh berbagai faktor.
a. Kondisi
fisik
Lingkungan fisik yang
dimaksud meliputi:
1. Ruangan
tempat berlangsungnya proses belajar mengajar
2. Pengaturan
tempat duduk.
3. Ventilasi
dan pengaturan cahaya
4. Pengaturan
penyimpanan barang-barang
b. Kondisi
Sosio – Emosional
Kondisi sosio -
emosional ini meliputi :
1.
Tipe kepemimpinan
2.
Sikap guru
3.
Suara guru
4.
Pembinaan hubungan baik
c. Kondisi
Organisasional
Kegiatan
rutin yang secara organisasional dilakukan baik tingkat kelas maupun tingkat
sekolah akan dapat mencegah masalah pengelolaan kelas. Dengan kegiatan rutin
yang telah diatur secara jelas dan telah dikomunikasikan kepada semua siswa
secara terbuka sehingga jelas pula bagi mereka, akan menyebabkan tertanamnya
pada diri setiap siswa kebiasaan yang baik. Di samping itu mereka akan terbiasa
bertingkah laku secara teratur dan penuh disiplin pada semua kegiatan yang
bersifat rutin itu. Kegiatan rutinitas tersebut anatar lain:
a. Pergantian
pelajaran
b. Guru
berhalangan hadir
c. Masalah
antar siswa
d. Upacara
bendera
e. Kegiatan
lain.
Daftar Pustaka
Hafidhuddin, Didin dan
Hendri Tanjung. 2006. Shariah Principles On Management In Practice.
Jakarta: Gema Insani Press.
Henry L Sisk, Ph. D. Principles
Of Management. Cicago: Soulth-western Publishing
Company.
Mulayasa, E.
2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Bagus bangett materinya
BalasHapusTrimakasih atas informasinya dalam manajemen kelas, mater ini sangat bermanfaat untuk saya
BalasHapusMaterinya sangat membantu kak
BalasHapusMaterinya sangat membantu kak
BalasHapus