Minggu, 25 Agustus 2019


RINGKASAN KELOMPOK 8

Tentang
Prinsip-Prinsip Disiplin Kelas


   A. Sumber Pelanggaran Disiplin Dalam Kelas
              Asumsi yang menyatakan bahwa semua tingkah laku individu merupakan upaya untu mencapai tujuan yaitu pmenuhan kebutuhan. Pengenalan terhadap kebutuhan peserta didik secara baik merupakan andil yang besar bagi pengendalian disiplin

               Pada hakekatnya sebab-sebab pelanggaannya itu sangat unik, bersifat sangat pribadi, kompleks,  dan kadang-kadang mempunyai latar belakang yang mendalam lain dari sebab-sebab yang tampak. Walaupun demikian memang ada juga yang sebab-sebab bersifat umum misalnya:
1.      Kebosanan dalam kelas merupakan sumber pelangaran disiplin mereka tidak tahu lagi apa yang harus mereka kerjakan karena yang dikerjakan hanya itu ke itu saja. Harus diusahakan agar peserta didik tetap sibuk dengan kegiatan bervariasi sesuai dengan taraf perkembangannya.
2.      Perasaan kecewa dan tertekan karena peserta didik dituntut untuk bertingkah laku yang kurang wajar sebagai remaja.
3.      Tidk terpenuhinya kebutuhan akan perhatian, pengenalan, atau status. 

B.     Peraturan dan Tata Tertib Kelas
Peraturan menunjuk pada patokan atau standar yang sifatnya umum yang harus dipenuhi oleh siswa. Misal : siswa harus mendengarkan dengan baik apa yang sedang dikatakan atau diperintahkan oleh guru; menulis jawaban pertanyaan guru jika guru telah memerintahkannya; memberi jawaban jika guru telah menunjuknya

1. Sebelum pelajaran dimulai
a.       Setelah lonceng berbunyi tanda pelajaran dimulai, peserta didik berbaris di depan kelasnya,   kemudian guru mempersiapkan mereka amsuk kelas dengan tertib.
b.      Pelajaran pertama didahului dengan doa pembukaan menurut agama atau kepercayaan masing-masing.
c.       Peserta didik yang datang terlambat harus melaporkan diri terlebih dahulu kepada pemimpin sekolah sebelum mengikuti pelajaran.
d.      Guru hendaklah mengadakan pencatatan terhadap peserta didik yang hadir (persen), tak hadir (absen), dan ayng datang terlambat pada papan presentasi kelas dan daftar presentasi kelas.

2.        Selama Pelajaran Berlangsung

a.    Sebelum pelajaran dimulai diadakan doa
b.    Peserta didik harus mengikuti pelajaran dengan seksama.
c.    Peserta didik diperkenankan mengemukakan pendapat atau bertanya tentang pelajaran yang diterangkan, bila tidak mengerti.
d.   Peserta didik tidak diperbolehkan mengerjakan pekerjaan lain, selain pelajaran yang bersangkutan.
e.    Peserta didik tidak boleh meninggalkan kelas tanpa seizin guru
f.     Bila ada sesuatu kepentingan, peserta didik diperbolehkan meningalkan pelajaran dengan seizin guru yang bersangkutan dan sepengetahuan kepala sekolah.
g.    Peserta didik dilarang makan atau meroko selama pelajaran berlangsung.
h.    Peserta didik wajib ikut serta memelihara kebersihan dan ketertiban kelas.
i.      Peserta didik harus bersikap sopan atau hormat terhadap guru.

3.    Selama Waktu Istirahat
           a.  Pada waktu istirahat, peserta didik tidak diperbolehkan tinggal di dalam 
               kelas.
           b. Pada waktu istirahat peserta didik hendaklah memanfaatkannya untuk 
              beristirahat.
          c. didik tidak boleh meninggalkan lingkungan sekolah tanpa seizin sekolah.

4.    Sesudah Pelajaran Berakhir
a. Sesudah pelajaran berakhir, hendaklah segera diadakan pergantian pelajaran berikutnya.
b.Peserta didik hendaknya memberikan hormat kepada guru yang akan meninggalkankelas.
c.   Sebelum guru meninggalkan kelas, perlu mengiis daftar presensi kelas.
d. Sesudah pelajaran terakhir diadakan doa penutup dn kemudian baru diperbolehkan pulang.
e.  Sebelum pulang peserta didik harus meneliti tempatnya, agar tidak ada barang yang ketinggalan.

5.    Selama Pelajaran Berlangsung
a.       Dalam mengikuti pelajaran peserta didk harus berpakaian sopan, bersih, dan rapi.
b.     Dalam mengikuti pelajaran peserta didik harus lengkap dengan alat-alat pelajaran yang dibutuhkan.
c.       Dalam mengikuti pelajaran
d.    Peserta didik yang berhalangan mengikuti pelajaran (karena sakit dan sebagainnya) supaya menyampaikan surat “keterangan berhalangan” kepada pipinan sekolah melalui guru/wali kelas yang bersangkutan.
e.  Permohonan izin (karena sesuatu kepentingan) supaaya disampaikan sebelumnya, bukan sesudahana.




Daftar Rujukan

Rohani Ahmad. 2004.Pengelolaan Pengajaran.Jakarta: PT Rineka Cipta.

Muliyani, Azis. 2012. Disiplin kelas di Sekolah Dasar. 

Rachman, Maman. 1997. Manajemen Kelas. Semarang: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pendidikan Guru Sekolah Dasar


4 komentar: