Selasa, 20 Agustus 2019


RINGKASAN MATERI KELOMPOK 2


Komponen- Komponen Keterampilan Manajemen Kelas
A.    Pengertin komponen Manajemen kelas Sd
Pengelolaan kelas terdiri dari dua kata, yaitu pengelola sendiri akar katanya adalah “kelolah” di tambah awaalan “pe” dan akhiran “an” ,istilah lain dari pengelolaan adalah “manajemen “. Manajemen adalah kata yang di adopsi dari bahasa inggris yaitu management, yang berarti katalaksanaan, tata pimpinan, pengelolaan.
Menurut Oemar Hamalik pengelolaan kelas adalah suatu kelompok orang yang melakukan kegiatan belajar bersama. Menurut Suharismi Arikunto, manajemen kelas adalah suatu usaha yang dilakukan oleh penanggung jawab kegiatan blelajar mengajar atau membantu dengan maksud agar dicapai kondisi optimal sehingga dapat terlaksana kegiatan belajar seperti yang diharapkan.
Kemampuan :
1.    Mengendalikan
2.    Menyelenggara
3.    Mengurus
4.    Menjalankan
5.    Mengelola

B.     Macam- macam komponen keterampilan kelas 

1.      Keterampilan yang berhubungan dengan pengendalian kondisi belajar yang optimal.
·         Memodifikasi Tingkah Laku
·         Pengelolaan Kelompok
·         Menemukan & Memecahkan Tingkah Laku Yang Menimbulkan Masalah

2 .      Keterampilan membimbing dan memudahkan belajar.
Keterampilan ini memungkinkan guru membantu peserta didik untuk maju tanpa mengalami frustasi. Hal ini dapat dicapai jika guru menguasai keterampilan berikut ini
a)    Memberikan penguatan sebagai kegiatan yang mampu membangkitkan motivasi belajar peserta didik.
b)   Supervisi proses awal, yaitu sikap tanggap guru terhadap peserta didik baik secara individu maupun kelompok yang dapat memungkinkan guru mengetahui apakah segala sesuatu berjalan dengan lancar sesuai dengan yang diharapkan.
c)  Mengadakan supervisi proses lanjut yan memusatkan perhatian pada penekanan dan pemberian bantuan ketika kegiatan belajar-mengajar berlangsung.
d)    Mengadakan supervisi pemanduan yang memusatkan perhatian pada penilaian pencapaian tujuan dari berbagai kegiatan belajar yang dilakukan dalam rangka menyiapkan rangkuman dan pemantapan sehingga peserta didik saling belajar dan memperoleh wawasan yang menyeluruh. Ini dilakukan dengan menilai kemajuan peserta didik dan menyiapkan mereka untuk mengikuti kegiatan akhir belajarnya.

3.       Keterampilan merencanakan dan melaksanakan kegiatan belajar-mengajar
yang harus dikuasai oleh guru sebagai manajer kelas antara lain sebagi berikut:
a)         Membantu peserta didik menetapkan tujuan belajar dan menstimulasi peserta didik untuk mencapai tujuan belajar tersebut.
b)  Merencanakan kegiatan belajar bersama peserta didiknya yang mencangkup kriteria keberhasilan, langkah-langkah kerja, waktu, serta kondisi belajar.
c)       Bertindak atau berperan sebagai penasehat bagi peserta didiknya bila diperlukan.
d)   Membantu peserta didik menilai pencapaian dan kemajuannya sendiri. Ini berarti, guru memberikan kesempatan kepada peserta didiknya untuk memperbaiki dirinya sendiri yang merupakan kerja sama guru dengan peserta didik dalam situasi pendidikan yang manusiawi.

C.    Permasalahan dalam komponen kelas
Dalam menangani tugasnya, guru-guru sering menghadapi permasalahan dengan kegiatan-kegiatan didalam kelasnya. Permasalahan ini meliputi dua jenis juga, yaitu yang menyangkut masalah individu dan masalah kelompok
Faktor- faktor permasalahan dalam komponen kelas terdiri dari :
1.         Faktor yang bersumber dari guru
2.         Faktor yang bersumber anak
3.         Faktor yang bersumber dari dinamika kelas dan keluarga
4.         Masalah individu
5.         Masalah kelompok






Daftar Rujukan


Syaiful Bahri Djamarah dan ASWAN Zain. 2002. Strategi  Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Mudasir. 2011. Manajemen Kelas . Pekanbaru : Zanafa Publishing. 



5 komentar: