RINGKASAN MATERI KELOMPOK 2
Komponen-
Komponen Keterampilan Manajemen Kelas
A. Pengertin
komponen Manajemen kelas Sd
Pengelolaan
kelas terdiri dari dua kata, yaitu pengelola sendiri akar katanya adalah
“kelolah” di tambah awaalan “pe” dan akhiran “an” ,istilah lain dari
pengelolaan adalah “manajemen “. Manajemen adalah kata yang di adopsi dari
bahasa inggris yaitu management, yang berarti katalaksanaan, tata pimpinan,
pengelolaan.
Menurut Oemar Hamalik pengelolaan
kelas adalah suatu kelompok orang yang melakukan kegiatan belajar bersama.
Menurut Suharismi Arikunto, manajemen kelas adalah suatu usaha yang dilakukan
oleh penanggung jawab kegiatan blelajar mengajar atau membantu dengan maksud
agar dicapai kondisi optimal sehingga dapat terlaksana kegiatan belajar seperti
yang diharapkan.
Kemampuan
:
1.
Mengendalikan
2.
Menyelenggara
3.
Mengurus
4.
Menjalankan
5.
Mengelola
B.
Macam-
macam komponen keterampilan kelas
1. Keterampilan yang berhubungan dengan pengendalian
kondisi belajar yang optimal.
·
Memodifikasi
Tingkah Laku
·
Pengelolaan
Kelompok
·
Menemukan
& Memecahkan Tingkah Laku Yang Menimbulkan Masalah
2 . Keterampilan
membimbing dan memudahkan belajar.
Keterampilan
ini memungkinkan guru membantu peserta didik untuk maju tanpa mengalami
frustasi. Hal ini dapat dicapai jika guru menguasai keterampilan berikut ini
a) Memberikan
penguatan sebagai kegiatan yang mampu membangkitkan motivasi belajar peserta
didik.
b) Supervisi
proses awal, yaitu sikap tanggap guru terhadap peserta didik baik secara
individu maupun kelompok yang dapat memungkinkan guru mengetahui apakah segala
sesuatu berjalan dengan lancar sesuai dengan yang diharapkan.
c) Mengadakan
supervisi proses lanjut yan memusatkan perhatian pada penekanan dan pemberian
bantuan ketika kegiatan belajar-mengajar berlangsung.
d) Mengadakan
supervisi pemanduan yang memusatkan perhatian pada penilaian pencapaian tujuan
dari berbagai kegiatan belajar yang dilakukan dalam rangka menyiapkan rangkuman
dan pemantapan sehingga peserta didik saling belajar dan memperoleh wawasan
yang menyeluruh. Ini dilakukan dengan menilai kemajuan peserta didik dan
menyiapkan mereka untuk mengikuti kegiatan akhir belajarnya.
3. Keterampilan
merencanakan dan melaksanakan kegiatan belajar-mengajar
yang harus dikuasai
oleh guru sebagai manajer kelas antara lain sebagi berikut:
a)
Membantu peserta didik menetapkan tujuan
belajar dan menstimulasi peserta didik untuk mencapai tujuan belajar tersebut.
b) Merencanakan kegiatan belajar bersama
peserta didiknya yang mencangkup kriteria keberhasilan, langkah-langkah kerja,
waktu, serta kondisi belajar.
c) Bertindak atau berperan sebagai
penasehat bagi peserta didiknya bila diperlukan.
d) Membantu peserta didik menilai
pencapaian dan kemajuannya sendiri. Ini berarti, guru memberikan kesempatan
kepada peserta didiknya untuk memperbaiki dirinya sendiri yang merupakan kerja
sama guru dengan peserta didik dalam situasi pendidikan yang manusiawi.
C.
Permasalahan
dalam komponen kelas
Dalam
menangani tugasnya, guru-guru sering menghadapi permasalahan dengan
kegiatan-kegiatan didalam kelasnya. Permasalahan ini meliputi dua jenis juga,
yaitu yang menyangkut masalah individu dan masalah kelompok
Faktor-
faktor permasalahan dalam komponen kelas terdiri dari :
1.
Faktor yang bersumber dari guru
2.
Faktor yang bersumber anak
3.
Faktor yang bersumber dari dinamika
kelas dan keluarga
4.
Masalah individu
5.
Masalah kelompok
Daftar Rujukan
Syaiful Bahri Djamarah dan ASWAN
Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Mudasir.
2011. Manajemen Kelas . Pekanbaru : Zanafa Publishing.
Bagus sekali artikelnya
BalasHapusSangat membantu sekali materinya
BalasHapusTrimakasih atas informasinya dalam manajemen kelas, mater ini sangat bermanfaat untuk saya
BalasHapusMaterinya sangat membantu kak
BalasHapusMaterinya bagus kak
BalasHapus