Minggu, 25 Agustus 2019


RINGKASAN MATERI KEL  10

Tentang
Menciptakan Suasana Yang Efektif


A.    Tujuan Pengelolaan Kelas Yang Efektif
Secara umum tujuan pengelolaan kelas adalah untuk meningkatkan mutu pembelajaran. Mutu pembelajaran aka tercapai, jika tercapainya tujauan pembelajaran.
Karakter kelas yang dihasilkan karena adanya proses pengelolaa kelas yang baik akan memiliki sekurang-urangnya tiga ciri, yakni:

a.         Speed, artinya anak dapat belajar dalam percepatan proses dan progres, sehingga membutuhkan waktu yang relatif singkat.
b.         Simple, artinya organisasi kelas dan materi menjadi sederhana, mudah dicerna dan situasi kelas menjadi kondusif.
c.         Self-confidence, artinya anak dapat belajar dengan kondisi yang penuh rasa percaya diri atau menganggap dirinya mampu mengikuti pelajaran dan belajar berprestasi.

B.     Cara Membuat Kelas Kondusif dan Tenang

1.      Menerapkan metode/model pembelajaran yang bervariasi.
Kelas yang kondusif sangat dipengaruhi oleh "MOOD" siswa untuk mengikuti pelajaran, metode pembelajaran yang monoton dan itut-itu saja membuat siswa merasa jenuh dan bosan maka dari alangkah baiknya dalam mengajar cobalah beberapa model/metode pembelajaran yang meyenangkan agar siswa menjadi lebih aktif dan terlibat dalam proses pembelajaran sehingga perasaan bosan  mengikuti pembelajaran bisa diminimalisir.

2.      Menjadi guru yang tegas
Biasanya suasana belajar tidak kondusif disebabkan oleh guru yang kurang tegas terhadap anak didiknya sehingga siswa kebanyakan bermain-main atau melakukan aktivitas lain sementara gurunya sibuk menjelaskan. Alngkah baiknya seorang guru memiliki ketegasan agar murid lebih menghargainya, tegas bukan berarti keras  namun lebih tepatnya memiliki soul inside atau kharisma sehingga murid lebih segang untuk melakukan hal yang kurang baik saat belajar.
3.         Menyepakati aturan bersama
            Langkah selanjutnya yang bisa anda coba untuk mengatasi kelas yang tidak kondusif adalah membuat aturan bersama siswa, misalkan aturan tata tertib, perilaku dan lain-lain hal ini bertujuan agar siswa tidak melakukan sesuatu yang diluar batas wajar. untuk hukuman jika melanggar aturan yang telah disepakati bersama bisa dengan memberikan hukuman yang mendidik seperti, membersihkan ruang kelas, hafal perkalian.

4.      Menjadi guru yang menyenangkan
             Membangun komunikasi yang baik, menganggap siswa sebagai anak sendiri, mendengarkan keluh-kesah siswa, minta saran dan pendapat dari siswa adalah beberapa cara yang bisa dilakukan agar disenangi oleh siswa. Kurangi sikap otoriter dalam belajar dan berusahalah menjadi guru yang dirindukan oleh siswa anda.

5.   Atur posisi duduk siswa sebaik mungkin
            Cara Membuat Kelas Kondusif dan Tenang adalah mengatur posisi duduk siswa sebaik mungkin. Posisi duduk siswa bisa juga menjadi penyebab kelas menjadi kurang kondusif, anda bisa merotasi tenpat duduk siswa, anda juga bisa menempatkan anak yang nakal dan suka menganggu temannya di posisi depan agar bisa diawasi. sekali-kali model tempat duduk juga bisa dirubah sperti model tapal kuda, model diskusi, model berhadapan.

6.   Mendesain kelas agar nyaman
           Cara Membuat Kelas Kondusif Dan Tenang adalah mendesain kelas agar nyamanKelas yang pengap, sempet, berdebu, kotor, bau dan sirkulasi udara yang kurang baik bisa menjadi penyebab pmebelajaran menjadi kurang kondusif. Maka dari itu usahakan agar kelas bisa menjadi ruangan yang sejuk dengan desain yang indah agar siswa merasa betah berada di kelas, selain itu anda bisa menpercantik kelas anda dengan memajang media-media pembelajaran yang bervariasi di dinding kelas

7.   Biarkan siswa berkereasi
           Cara Membuat Kelas Kondusif Dan Tenang adalah dengan memberi kesempatan pada siswa untuk berkreasiGuru adalah fasilitator, motivator, katalisator dan mediator. Guru tidak boleh otoriter dan menguasai pembelajaran namun biarkan siswa yang lebih berkreasi. bukan teacher center melainkan student center, guru memposisikan diri sebagai media, pengarah, motivator.

8.   Belajar diluar ruangan
           Mungkin persepsi kita selama ini tentang kelas agar keliru, sebagian mengartikan kelas sebagai tempat belajar padahal hal tersebut kurang tepat karena arti kelas adalah rombongan belajar. Misalkan kelas I artinya rombongan belajar tingkat pertama. jadi ajaklah siswa anda belajar diluar ruangan biarkan mereka belajar secara kontekstual dan bermakna.

9.   Memberi nasehat.
            Nasehat adalah cara yang bijaksana untuk menyentuh hati siswa agar mau berubah menjadi lebih baik, ajaklah atau tenangkan suasana kelas kemudian berikan nasehat yang bisa membuat siswa menjadi sadar akan tugasnya sebagai siswa. Dengan nasehat yang tepat dan baik akan membuat siswa akan sadar sendiri dengan tugas dan tanggung jawabnya sehingga lebih bersungguh-sunggu untuk mengikuti pelajaran.

10.   Bercanda
             Agar pembelajaran  bisa menyenangkan, terlalu serius juga kurang baik sebaiknya diselingi beberapa candaan lebih tepatnya candaan positif. Dengan menyelingin pembelajaran dengan sedikit candaan maka suasana pembalajaran tidak menjadi tegang dan tidak kakuh sehingga siswa lebih nyaman dalam belajar.

4 komentar: